Kamis, 30 Oktober 2008

Rekam medik KELUARGA

Rekam medik atau yang lebih dikenal medical record (MR) adalah arsip mengenai data data pasien dan semua hasil pemerikasaan, pengobatan dan perjalanan penyakit pasien. Rekam medik ini biasa disimpan sebagai data rahasia rumah sakit, klinik, atau praktek pribadi yang tidak disebarluaskan ke orang lain selain pasien.
Pasien pasien yang menjalani perawatan atau pengobatan kadang di minta melakukan pemerikasaan penunjang ( laboratorium, radiologi dll) untuk lebih memperjelas diagnosa dan penyebab penyakit. Biasanya hasil pemeriksaan penunjang itu bisa di bawa pulang dan pihak klinik atau rumah sakit juga sudah mempunyai hasil pemeriksaan tersebut untuk di simpan di dalam rekam medik mereka.
Rekam medik KELUARGA? Ini hanya istilah yang saya buat untuk mengajak semuanya membuat rekam medik di dalam keluarganya sendiri. Di mana arsip hasil pemerikasaan , catatan obat yang sudah diberikan termasuk efek setelah meminun obat tersebut, berapa lama obat diberikan dan gejala apa saja yang timbul saat berobat (bahkan jika ingin diperjelas sekalian menanyakan penyakit yang diderita kepada dokter yang bersangkutan) dapat disimpan dan dicatat dengan rapi di dalam tempat tertentu. Di situ juga dapat di pisah pisahkan milik masing masing anggota keluarga.

Tidak ada komentar: