Senin, 16 Februari 2009

Bayi di dalam Tabung ?

Kita sering mendengar tentang bayi tabung. Buat yang sudah paham tentu itu bukan hal yang asing lagi di telinga. Tetapi buat yang masih meraba raba apakah bayi tabung itu tentu istilah ini masih membingungkan.
Sebenarnya tidak perlu terlalu bingung dengan istilah bayi tabung. Karena secara awam nya, bayi tabung dapat diartikan sebagai : proses pembuahan sel telur wanita dengan spermatozoa pria yang terjadi di luar tubuh. Proses pembuahan ini nantinya yang akan membuat terjadinya suatu kehamilan.
Buat pasangan normal dan sehat, pembuahan yang merupakan proses terjadinya kehamilan ini akan berjalan secara spontan di dalam saluran reproduksi wanita. Secara spontan dalam artian tanpa bantuan alat kedokteran untuk memasukkan spermatozoa itu atau tanpa menggunakan obat obat yang membuat subur. Karena, ada juga pasangan yang dapat juga terjadi pembuahan di dalam saluran reproduksi wanita dengan bantuan alat dan obat kedokteran.
Dan, untuk bayi tabung itu sendiri, proses pembuahan tersebut terjadi di luar tubuh wanita. Pasangan akan melalui beberapa tahap . Di antaranya, istri akan dipersiapkan untuk dapat menghasilkan sel sel telur matang sebelum diambil untuk dipertemukan dengan spermatozoa suami. Spermatozoa suami di dapat dengan masturbasi suami sendiri atau dengan prosedur khusus tergantung keadaan spermatozoa suami.
Akan dilakukan pembiusan saat pengambilan sel telur matang di tubuh sang istri. Demikian juga saat penanaman kembali hasil pembuahan di luar tadi, dimana hasil pembuahan tersebut sudah di seleksi di laboratorium.
Penyeleksian dilakukan untuk mendapatkan hasil pembuahan yang berkualitas baik saja untuk ditanam.
Mengenai jumlah berapa yang akan ditanam adalah hasil kesepakatan pasangan dan juga hasil anjuran dokter secara medis. Biasanya semakin tua usia calon ibu akan semakin banyak yang ditanam. Dan kalau semua berhasil hidup maka akan menjadi bayi kembar. Aduh…senangnya…..

Tidak ada komentar: