Sabtu, 07 Februari 2009

Yang Merusak Hati

Hati kita dapat dirusak oleh karena berbagai sebab. Salah satu nya adalah virus.
Selama ini kita mengenal penyakit hepatitis. Hepatitis atau radang hati dapat disebabkan karena beberapa hal seperti : adanya sumbatan saluran empedu, zat zat kimia tertentu, minuman alcohol yang berlebih, imunitas tubuh dan virus. Tetapi yang paling sering adalah karena adanya infeksi oleh suatu virus hepatitis.
Terdapat 7 jenis virus hepatitis, yaitu virus hepatitis A, B, C, D, E, F dan G. Selama ini sudah tersedia vaksin khusus untuk hepatitis A dan hepatitis B. Akan tetapi, hepatitis tetap merupakan penyakit yang serius. Banyak yang tidak menyadari dirinya sudah terjangkit penyakit hepatitis dan baru menyadari setelah menimbulkan gejala yang berat.
Penyebaran dan gejala penyakit hepatitis dari masing masing jenis virus bisa berbeda. Secara garis besar nya : untuk Hepatitis A penularan melalui jalur tinja mulut dengan minuman dan makanan yang tercemar dengan gejala utama kulit dan putih mata menjadi bewarna kuning.
Untuk Hepatitis B penularan dapat melalui darah, mani dan cairan vaginal. Gejala yang umum bisa seperti tidak enak badan, mual, muntah, diare, hilang nafsu makan, sakit kepala, dan terjadi perubahan warna kuku, mata dan kulit menjadi kuning. Tetapi yang harus diwaspadai adalah, kadang virus hepatitis B ini tidak menunjukkan gejala tersebut sehingga orang yang terjangkit tidak merasa sakit.
Hepatitis C penularan juga melalui darah dan yang terbanyak adalah pada saat transfuse darah yang belum dilakukan screening.
Demikian pula untuk jenis virus hepatitis yang lainnya akan menimbulkan gejala yang kurang lebih sama.Jadi alangkah baiknya kita mulai menjalani hidup sehat dan segera lakukan pemeriksaan bila kita memang rentan terahadap tertularnya virus yang merusak hati tersebut.

Tidak ada komentar: