Jumat, 30 Januari 2009

Batuk..uhuk...uhuk..

Seringkali kita menggoda orang yang sedang batuk dengan kata kata “ TBC lu..” Wah kasihan sekali orang yang kita goda kena TBC itu. Bisa bisa dia jadi tambah batuk..uhuk..uhuk.
TBC itu sendiri merupakan penyakit menular, TBC atau tuberkulose itu disebabkan oleh sejenis kuman yang dinamakan mycobacterium tuberculosis. Banyak orang yang menyangka bahwa TBC ini hanya menyerang paru paru yang biasa menyebabkan batuk, ternyata, kuman ini juga bisa bertengger di tulang, sendi, usus, kelenjar limfe, dan selaput otak.
Gejala utama dari TBC itu sendiri adalah batuk berdahak selama 3 minggu atau lebih, sehingga bila ada kerabat yang batuk lebih dari 3 minggu harus dilakukan pemeriksaan lebih teliti lagi. Meskipun belum tentu terkena TBC. Pencegahan lebih baik daripada pengobatan.
Gejala lain yang mendukung TBC ini bisa berupa : meriang terus, nyeri dada dan sesak napas, dahak bercampur darah, banyak keluar keringat di malam hari serta nafsu makan dan berat badan menurun.Jadi, jangan asal menuduh orang terkena TBC atau sebaliknya, terlalu meremehkan batuk lama tanpa pemeriksaan lebih lanjut. Bagi yang sudah terkena, jangan bersedih..karena TBC bisa diatasi asalkan, kontrol rutin ke dokter, minum obat secara teratur selama 6 bulan, makan makanan yang sehat dan bergizi, dan menjaga kebersihan dan kesehatan tempat tinggal.

Tidak ada komentar: