Senin, 12 Januari 2009

Stem Sel?

Apa sih stem sel itu? Pasti kita sering mendengarnya ya, di bawah ini merupakan tulisan singkat untuk menjelaskan secara umum tentang apa sih stem sel itu?
Stem sel bisa diartikan sebagai sel induk, sel awal mula, atau sel primordial. Sel ini lah yang merupakan cikal bakal pertumbuhan semua organ dan jaringan di tubuh manusia.
Dalam proses pembelahan dirinya, stem sel ini ada yang terspesialisasi menjadi sel yang diperlukan untuk pembentukan atau regenerasi sel sel tubuh makhluk hidup, seperti sel rambut, sel hati, sel kulit dan sebagainya. Tetapi, ada juga stem sel yang tidak terspesialisasi menjadi apa apa.
Stem sel yang tidak terspesialisasi ini akan terus memperbanyak dan memperbaharui dirinya sendiri dalam waktu yang lama. Karena kemampuan stem sel ini lah menjadi bahan riset para ahli supaya dapat memanfaatkan stem sel ini sesuai dengan kebutuhan, di mana hasilnya akan berguna untuk penyembuhan penyakit.
Sehingga, tak heran lagi di jaman tehnologi canggih seperti sekarang ini, stem sel sering disebut sebut dapat menjadikan pengobatan penyakit regeneratif dan reparatif seperti jantung, stroke, diabetes, parkinson, alzheimer dan masih banyak lagi.

Referensi : Dr.CB.Kusmaryanto,SCJ dalam Stem Sel, Sel Abadi Dengan Seribu Janji Terapi, Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia),Jakarta,2005

Tidak ada komentar: