Jumat, 06 Maret 2009

Kanker yang bisa membuat kantong anda kering

Sel dalam tubuh kita seharusnya berproses secara normal, membelah, tumbuh, dihancurkan kemudian dibuang. Tetapi pada kenyataannya, dalam menjalani proses tersebut sel mengalami gangguan.
Gangguan yang bisa saja terjadi adalah di mana sel tersebut tumbuh di luar kebiasaan dan tidak bisa dikontrol. Sel dan jaringan yang tumbuh tidak normal inilah yang dinamakan tumor.
Tumor itu sendiri dibagi menjadi jinak dan ganas.
Jinak hanya membesar tidak terlalu berbahaya dan tidak menyebar. Sedangkan yang ganas itulah yang disebut kanker.
Penyebab kanker itu sendiri bervariasi, antara lain faktor : keturunan, lingkungan, makanan, bahan kimia, virus, infeksi, perilaku, gangguan keseimbangan hormone, kejiwaan, emosional, radikal bebas.
Selain itu, ada beberapa bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker ( biasa disebut zat karsinogenik ) antara lain : arsen, asbes, amin aromatik, benzene, krom, nikel, vinil klorida, alcohol, sirih , tembakau, agen alkilating, dietilstilbestrol, oksimetolon, torotras.Pada akhirnya, setelah kita mengetahui semuanya, kita bisa menjaga pola hidup kita sejak dini. Dengan demikian kita dapat terhindar dari kanker yang dapat membuat kantong kita kering karena memerlukan dana yang tidak sedikit untuk mengatasinya.
Referensi : dr. Iskandar Junaedi dalam Kanker, pengenalan, pencegahan dan pengobatannya, seri kesehatan popular, PT Bhuana Ilmu Populer, kelompok Gramedia, Juni 2007

Tidak ada komentar: