Selasa, 09 Desember 2008

Laser ? Serem gak ya?

Sudah pernah tahu pengobatan dengan menggunakan laser? Belakangan ini kita sering sekali mendengar berbagai pengobatan menggunakan laser. Di rumah sakit untuk operasi bedah, sinusitis, tumor, nyeri kepala, vertigo, telinga berdenging, problem mengorok dan bahkan juga digunakan untuk kecantikan.
Yang sering ke klinik kecantikan besar pasti sering mendengar laser untuk mengatasi bekas bekas jerawat, garis garis pembuluh darah yang terlihat di kulit, flek hitam, tahi lalat, tattoo, dan lainnya.
Sebenarnya Laser itu singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation.
Ternyata, jenis laser itu bermacam macam. Jenis laser yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan dari keluhan pasien. Jadi jangan disamakan ya laser untuk nyeri kepala dengan laser untuk tumor.
Laser itu sendiri dibedakan , laser dengan menggunakan tenaga tinggi ( High power laser / surgical laser) dengan laser tenaga rendah ( low power laser).
Yang penting kita perhatikan saat ditawarkan pengobatan dengan laser adalah, mengetahui dengan jelas siapa yang akan meng operasikan laser tersebut ke tubuh kita. Karena penggunaan laser tidak bisa sembarangan. Harus seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus mengenai : karateristik dan cara bekerja dari laser yang digunakan, jenis jenis laser lain yang akan digunakan yang sesuai dengan penyakit pasien, ketepatan pengguanaan laser itu untuk penyakit yang bersangkutan dan mengetahui siapa saja yang tidak boleh atau tidak bisa diobati dengan laser.

Tidak ada komentar: